Zakat dan Pemberdayaan Masyarakat Peternak Desa

Posted on

Zakat dan Pemberdayaan Masyarakat Peternak Desa

Pemberdayaan Masyarakat makin digencarkan oleh BAZNAS, fokus pendayagunaan dana ummat kali ini disalurkan kepada para peternak masyarakat desa. Lembaga zakat milik pemerintah ini membuka kesempatan kepada jutaan peternak desa agar mampu bersaing di pasar modern.

Salah satu contoh bentuk pemberdayaan peternak yang dilakukan BAZNAS adalah program yang dilaksanakan di Desa Baros Banten, yaitu peresmian sebuah balai peternakan pada tanggal 26 Januari 2018 lalu.

Kepala Divisi Pendistribusian dan Pendayagunaan zakat bapak Efri Syamsul Bahri mengatakan bahwa proses peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat miskin adalah dengan program-program pemberdayaan, outputnya agar mustahik menjadi mandiri.

BAZNAS memaksimalkan dana dari para muzaki yang berbentuk ZIS (Zakat, Sedekah, Infak) melalui program pemberdayaan ekonomi bidang peternakan dengan harapan agar mustahik bisa meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidupnya serta agar usahanya lebih baik dan lebih berkembang.

Balai Ternak Desa Baros Jaya merupakan salah satu program BAZNAZ yang mengutamakan pemberdayaan ekonomi sektor peternakan, Balai ini mempunyai visi utama dalam pengentasan kemiskinan, serta mempunyai misi dalam memaksimalkan distribusi dan dayaguna harta zakat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pemoderasian kesenjangan sosial serta berfokus pada peningkatan kualitas dan produktivitas masyarakat di bidang peternakan dan pengembangan kompetensi peternak secara profesional.

Masyarakat yang dilibatkan dalam program Balai Ternak Desa Baros Jaya merupakan warga kampung Mendong yang masuk kriteria masyarakat miskin dan sudah terverifikasi dalam survey yang Divisi Pendistribusian dan Pendayagunaan bidang Pemberdayaan Ekonomi Badan Amil Zakat Nasional.

Hingga saat ini sudah terverifikasi dan terjaring kurang lebih 36 Kepala Keluarga (KK) yang dikategorikan miskin dan bergabung dalam program tersebut, kelompok besar ini telah memiliki aturan dan tujuannya tersendiri.

Proses pelaksanaan program ini dirasa sangat membantu warga masyarakat Kampung Mendong dalam upaya peningkatan kesejahteraan ekonom, karena sebetulnya beternak bukan hal yang baru bagi warga kampung, beternak sudah menjadi rutinitas keseharian mereka, yang belum tersentuh hanyalah terkait managemen beternak dan cara agar lebih produktif.

Tulisan disadur dari website: INDUSTRY.co.id

 

Facebook Comments